Selasa, 04 Oktober 2011

Fungsi atau Manfaat AGAMA



1.    Memberikan pengetahuan tentang tujuan, dan bagaimana cara hidup. Tanpa agama manusia tidak tahu untuk apa sebenarnya dia hidup, apa tujuan hidupnya, bagaimana caranya hidup, dan nantinya kemana dia pergi.
2.    Agama dengan kitab sucinya berfungsi sebagai penerang. Agama ibarat sebagai obor, yang mampu menerangi dalam kegelapan. Orang yang ada dalam kegelapan akan banyak mengalami hambatan-hambatan dalam mencapai tujuan hidupnya., karena tidak mengetahui mana yang baik dan mana Yng buruk, mana yang boleh dan mana yang harus dihindari. Orang yang beroborkan agama akan lebih bisa menempuh jalan yang benar, dan akan bisa lebih cepat berjalan menuju tempat tujuan, yaitu kesejahteraan di dunia dan kebahagian di akherat.
3.    Agama bisa menjadi alat peredam dari gejolak dan gelora bathin seseorang yang dirundung kedukaan. Dengan agama orang bisa menghibur dirinya di saat mengalami kesedihan sehingga mempunyai daya tahan yang jauh lebih besar terhadap segala macam penderitaan. 
4.    Agama dapat memeberikan ketentraman hati dan membersihkan orang dari kecurigaan dan kekuatan yang berlarut-larut. Penganut agama percaya bahwa Tuhanlah yang menentukan hidup dan mati ini, oleh karena itu tidak ada yang perlu ditakuti selain Tuhan. Bagi orang yang percaya akan  kebbesaran Tuhan akan merasa hidup terlindungi, tenang dan tentram, sehingga bisa lebih percaya diri dan bisa berbuat lebih banyak, karena jauh dari rasa curiga dan ketakutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar